twitter



Tak Mau Bungkuk? Pakailah Ransel

Erninta Afryani Sinulingga - detikHealth
Kamis, 25/04/2013 17:46 WIB


Jakarta, Backpack atau tas punggung alias ransel adalah salah satu model tas yang populer di kalangan pria dan perempuan. Selain dapat meringkas banyak barang, tas yang satu ini ternyata dapat menjadi alat terapi sederhana terhadap penyakit kifosis.

Kifosis adalah salah satu bentuk kelainan yang terjadi pada tulang belakang manusia atau dikenal dengan bungkuk. Menurut Dr Siti Annisa Nuhonni SpKFR seorang spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, dengan ransel akan membantu menjaga postur tubuh, khususnya tulang belakang.

"Dengan menggunakan backpack dapat menjaga dan membetulkan postur tubuh karena kita mau tidak mau harus tegak. Tetapi, jangan terlalu berat ya," jelasnya dalam kegiatan Anlene dengan tema "Even Heroes Need a Hero" di Carrefour Mall Kota Kasablanka Lantai LG, Jl Casablanca Kav 88 Jakarta, Kamis (25/4/2013) 

Menurut dr Honni, sapaan akrabnya, beban tas haruslah 10 atau 20 persen dari berat badan. "Kalau beratnya 50 kilo kira-kira 5kg lah. Kalau keberatan juga tidak bagus dan malah bikin bungkuk," tambahnya.

Sedangkan yang terjadi pada anak sekolah adalah beban yang terlalu berat. "Bebannya banyak, buku, bekal, baju ganti. Kasihan badannya," ujarnya.

Sedangkan fenomena yang terjadi pada wanita dan remaja adalah miring sebelah atau menuju skoliosis. Ini terjadi karena penggunaan tas tangan. "Penggunaan tas tangan yang tidak diseimbangkan pun dapat merusak postur tubuh," kata dr Honni.

Tetapi, kelainan-kelainan ini masih termasuk dalam kelainan fungsional atau masih bisa dikoreksi. Jadi, tak perlu cemas jika Anda mengalami hal-hal tersebut asalkan tetap memperhatikan asupan kalsium dan menjaga keseimbangan postur tubuh.

0 komentar:

Poskan Komentar

mp3

Free Music Online
Free Music Online

free music at divine-music.info